12 cara menurunkan Kolesterol dengan cepat dan alami

Salam sehat semuanya. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ” Cara menurunkan kolesterol dengan cepat ” memiliki kolesterol tinggi memang tidak baik untuk kesehatan. jika anda ingin menurunkan kolesterol, lakukanlah cara cara dibawah ini.

 

Beberapa orang mungkin awam dengan masalah kolesterol dan hanya menganggap kalau semua kolesterol buruk untuk tubuh. Sebenarnya, kolesterol juga memiliki fungsi untuk tubuh. Meskipun demikian, kita harus mencegah adanya kenaikan dari kolesterol jahat yang dipicu oleh kelebihan LDL dan tentunya Anda juga harus tahu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Berkebalikan dengan LDL, HDL yang juga sama-sama diproduksi oleh tubuh justru memberikan dampak yang baik. HDL akan mengurangi LDL dalam tubuh, sehingga efek samping pada pembuluh darah tidak akan terjadi. Berikut ini adalah tips tips untuk menurunkan kolesterol.

Menurunkan Kolesterol dengan cara fisik

 

  1. Menurunkan berat badan

cara menurunkan kolesterol

cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang pertama adalah menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan akan membuat total kolesterol di dalam tubuh menurun. Selain itu, tubuh juga akan menekan hati untuk tidak terus menerus menghasilkan kolesterol khususnya kolesterol LDL yang dapat memberikan dampak buruk. Obesitas yang menurun pada tubuh akan melipatkan kerja dari HDL sehingga LDL di dalam darah bisa segera diatasi.

 

  1. Melakukan olahraga

cara menurunkan kolesterol

Melakukan olahraga secara rutin bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh khususnya yang berhubungan dengan jantung, Dengan olahraga, kemungkinan terjadi kenaikan lemak di dalam tubuh akan rendah. Kondisi obesitas tidak akan terjadi sehingga peluang terjadi kenaikan kolesterol di dalam darah juga rendah.

Berdasarkan beberapa penelitian terkait dengan olahraga dan kolesterol, kadar HDL di dalam tubuh meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Sementara itu kadar LDL justru menurun sehingga peluang terjadi gangguan pada jantung akan rendah.

  1. Membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans

makanan yang mengandung lemak jenuh

Jika kita ingin menurunkan kolesterol secara alami, sebaiknya kita harus hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Sebabnya, jenis lemak ini dapat mengakibankan meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) atau kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Makanan yang mengandung lemak trans di antaranya adalah makanan cepat saji yang digoreng, popcorn, donat dan makanan beku.

Sementara makanan yang mengandung lemak jenuh yang harus dibatasi adalah daging merah, jeroan, dan minyak kelapa. Konsumsi daging merah ataupun jeroan disarankan hanya dikonsumsi setiap dua minggu sekali dalam porsi yang kecil.

 

  1. Berhenti merokok

cara menurunkan kolesterol

Merokok juga ternyata dapat memengaruhi kadar kolesterol kita di dalam tubuh. Bagi Anda yang suka merokok, sebaiknya segeralah untuk menghentikannya. karena dengan kita berhenti untuk merokok, maka kadar kolesterol baik kita yang ada di dalam tubuh dapat cepat meningkat.

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol

 

  1. Kacang kedelai

cara menurunkan kolesterol

Sumber makanan yang berasal dari seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu mengandung zat isoflavon. Isoflavon ini berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah.

Meski begitu, ada hal yang harus Anda hindari. Ketika kita mengolah bahan makanan dari kacang kedelai, hindarilah memasak atau menambahkan minyak goreng biasa. Agar supaya lebih sehat, tukarlah minyak goreng biasa anda dengan minyak zaitun.

  1. Kuaci tawar

cara menurunkan kolesterol

Kuaci mengandung zat tembaga yang baik bagi tubuh. Tubuh kita ternyata butuh zat tembaga. karena jika pola makan kita rendah, dampaknya adalah asupan tembaga akan lebih rentan untuk mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat LDL, dan akan terbatasnya kolesterol baik yang terserap ke tubuh.

Maka, jika Anda hobi makan camilan kuaci biji labu maupun biji bunga matahari, terutama yang tawar tanpa tambahan garam, ini perlahan-lahan dapat dalam tubuh jika disertai pola makan yang sehat.

 

  1. Minyak zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun ternyata adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol. faktanya, minyak zaitun itu kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kamu haru tahu Kedua nutrisi ini ternyata juga dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan juga menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik.

Anda bisa mencampurkan 2 sendok dan buah zaitun pada salad atau coba menggoreng dan menumis makanan menggunakan minyak dari buah zaitun tersebut.

Buah dan sayuran yang dapat menurunkan Kolesterol

 

  1. Anggur

anggur

Kandungan anti-oksidan umum dari buah Anggur seperti piceatannol dan resveratrol, ternyata menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Berkat kandungan dari anggur, anggur juga bisa dimanfaatkan untuk obat penurun kolesterol tinggi. Caranya adalah minumlah jus anggur minimal sehari 1X atau 2X secara rutin itu berguna untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

 

  1. Jeruk

jeruk

Anda tentu tahu kalau jeruk merupakan yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk ini dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Jeruk juga Sama seperti buah penurun kolesterol yang lainnya, jeruk juga ternyata kaya akan serat larut air yang dipercayai dapat mengikat kolesterol dari makanan. Buah ini pun mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang di percayai dapat melarutkan kolesterol yang ada dalam tubuh.

 

  1. Brokoli

Brokoli

Brokoli dikenal sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. faktanya, brokoli ternyata mengandung serat yang sangat tinggi yang dipercayai dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai macam penyakityang ada di dalam tubuh kita akan segera dibasmi. Cara mengkonsumsi brokoli agar dapat menurunkan kolesterol adalah dengan cara direbus dan hindarilah penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli.

 

  1. Apel

Apel

Makanan penurun kolesterol tinggi lainnya adalah Apel. Buah ini terutama di bagian kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang mampu menurunkan kolesterol. Cara kerja Pektin adalah dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses. Apel juga ternyata mengandung vitamin yang membantu untuk mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

 

  1. Pir

Buah Pir

Makanan penurun kolesterol tinggi lainnya adalah buah pir. Buah satu ini tinggi akan serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat yang terdapat di dalam buah pir ternyata lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun.

oke kawan kawan, itulah beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yang sudah membaca.

untuk kalian para pembaca setia kooeelung, pantau terus website ini karena akan ada artikel menarik di setiap jam 7.30.

Baca artikel menarik lainnya seputar kesehatan

 

About Rudi Ferdiansah

saya akan menulis artikel menarik berbagai macam informasi di situs https://kooeelung.com

View all posts by Rudi Ferdiansah →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *