Tips menurunkan tekanan darah tinggi agar cepat NORMAL

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Salam sehat bagi kita semua. pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang ” Tips menurunkan tekanan darah tinggi “. jika anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat? lakukanlah beberapa tips berikut ini. langsung saja kita mulai.

 

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah di atas normal, tentu saja harus berupaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi tersebut sampai mencapai angka normal atau setidaknya mendekati.

Bukan tanpa alasan, meskipun saat ini Anda merasa sehat, namun hal ini bertujuan agar terhindar dari bahaya darah tinggi, seperti stroke, penyakit jantung, ginjal, dan lain-lain yang bisa datang kapan saja. Lantas, bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi?

Untuk mengetahui seseorang jika dia sedan terkena hipertensi, perhatikanlah hasil pengukuran tekanan darah. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80. Angka pertama dari hasil pengukuran adalah tekanan darah sistolik, kemudian angka yang berikutnya adalah tekanan diastolik.

 

 

TIPS MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

 

  1. Olahraga Secara Teratur

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi berikut ini sudah barang tentu wajib diterapkan. Buang semua rasa malas untuk melakukannya, karena olahraga secara teratur dapat memberikan manfaat yang amat sangat luar biasa bagi tubuh.

Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah saja, lebih dari itu kesehatan tubuh secara keseluruhan pun akan terjaga. Bahkan hanya dengan berolahraga beberapa menit saja dalam sehari, terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Menurut American Heart Association, sebagian besar orang sehat harus menjalani latihan dengan intensitas sedang minimal 150 menit seminggu. Mereka pun menyarankan jika ingin lebih maksimal dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi, sediakan waktu khusus selama 40 menit untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau berat yang benar-benar dapat membuat keringat bercucuran. Seperti berlari jarak jauh beberapa kilometer atau latihan angkat berat di gym.

Namun perhatikan kondisi tubuh Anda juga, jangan terlalu memaksakan. Jika memang dirasa fisik Anda tidak terlalu kuat untuk menjalani olahraga dengan intensitas berat, dengan berjalan santai atau bersepeda disekitar lingkungan pun sudah cukup.

 

  1. Beraktivitas di luar ruangan

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Kalian harus tau jika Rendahnya tingkat vitamin D di dalam tubuh kita ternyata berperan dalam meningkatkan tekanan darah. Selain itu menurut sebuah penelitian, diketahui bahwa jika kita mengkonsumsi suplemen bervitamin D ternyata itu tidak membantu untuk meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara beraktivitas di luar ruangan sehingga kulit Anda langsung terkena sinar matahari. Kemudia reaksi kimia kulit jika langsung terkena matahari akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

 

  1. Batasi Asupan Garam

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Membatasi asupan garam jadi tips menurunkan tekanan darah tinggi berikutnya. Apa alasannya? karena faktanya kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah tinggi, akibat dari terlalu berlebihan dalam mengonsumsi garam.

Di Indonesia saja menurut Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, ada sekitar 26,2% masyarakat kita yang mengonsumsi garam berlebih. Jumlah yang meningkat bila dibandingkan tahun 2009 yakni sekitar 24,5%, dan di tahun ini pun bisa jadi semakin melonjak lagi.

Oleh karena itu, penting  untuk membatasi asupan garam dalam makanan  sehari-hari. Batas konsumsi garam yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI per orang per harinya yakni sebesar 5 gram (1 sendok teh).

Sebisa mungkin kurangi jajan atau membeli makanan diluar karena kita tidak tahu jumlah garam yang ditambahkan si penjual. Masak sendiri dirumah dengan hanya menambahkan sedikit garam bisa jadi solusi bijak agar terhindar dari konsumsi garam berlebih. Ingat, hanya dengan mengurangi asupan garam sebesar 10-20 % saja, terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

 

  1. Berhentilah Merokok

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Jika Anda benar-benar ingin menurunkan tekanan darah tinggi, maka berhentilah merokok. Penulis pribadi bertanya-tanya dan heran melihat banyak orang terlebih yang sudah tua namun masih menjadi perokok aktif. Sebenarnya apa sih manfaat riil dari merokok?

Bagi Anda seorang perokok, ketahuilah fakta berikut ini! Kandungan nikotin dalam tembakau merupakan penyebab meningkatnya tekanan darah bahkan sejak isapan pertama. Ketika nikotin diserap oleh pembuluh-pembuluh darah di dalam paru-paru dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh aliran darah, maka hanya dalam hitungan detik nikotin pun sudah mencapai otak

Seketika itu juga otak  akan bereaksi dengan memberi sinyal pada kelenjar adrenal untuk melepas epinefrin. Hormon ini akan bereaksi dengan menyempitkan pembuluh darah.

Nah penyempitan pembuluh darah di otak ini akan memacu jantung  untuk bekerja  lebih berat akibat tekanan yang lebih tinggi dan kemungkinan terburuknya akan menyebabkan serangan  jantung mendadak, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya.

 

  1. Jaga berat badan

menjaga berat badan

Salah satu cara untuk menurunkan darah tinggi adalah kita harus bisa menjaga berat badan agar tetap ideal, artinya adalah kita harus memiliki berat badan yang sesuai menurut tinggi badan Anda. Tahukan kamu Menjaga berat badan yang baik itu sangat berpengaruh untuk tubuh Anda dan dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Oleh karena itu, membuang berat badan berlebih sangat penting sebagai keberhasilan dari cara menurunkan darah tinggi.

Cara lain untuk menurunkan Tekanan darah tinggi

 

  1. Minum yogurt

meminum yogurt

Tidak hanya untuk melancarkan pencernaan saja, sekarang yogurt juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Jika kita Mengonsumsi 180 ml yogurt per hari, itu akan membantu Anda untuk menjaga tekanan darah tetap dalam tempo sehat. Protein spesial dan bakteri baik probiotik dalam yogurt lah yang telah bertanggung jawab akan manfaat ini. Yoghurt bisa disajikan dengan berbagai sajian, untuk nenyajikan greek yogurt tanpa rasa, taburkan dengan bluberi.

 

  1. Hindari Stres

hindari stress

Tips menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya yakni dengan menghindari stres. Ketahuilah, bahwa stres dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Jadi sebisa mungkin hindari stres, temukanlah sesuatu yang dapat membantu pikiran tenang dan rileks. Seperti dengan melakukan meditasi, yoga, berlibur bersama pasangan atau keluarga, atau ‘bercanda ria’ bersama pasangan di ranjang.

Apa pun pilihannya terserah Anda, selama itu baik dan disukai. Sebisa mungkin lakukanlah secara konsisten sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Stres hilang, hidup jauh lebih baik dan tekanan darah tinggi pun akan menurun.

 

  1. Mengonsumsi ikan

mengonsumsi ikan

Pilihlah ikan salmon, mackerel, herring, sarden, ataupun tuna. Ikan-ikan ini memiliki dua lemak omega-3. Omega-3 dapat mengurangi efek peradangan yang melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Sebagai cara menurunkan darah tinggi, ada baiknya Anda makan ikan-ikan tersebut setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

 

  1. Cukupi Kebutuhan Tidur

Beristirahat dengan cukup

Seseorang yang memiliki gangguan tidur, mau tidak mau harus mengorbankan kualitas tidurnya. Jika gangguan tidur atau kebiasaan begadang di malam hari ini tidak segera diatasi maka akan sangat mungkin beresiko tinggi terkena hipertensi  atau tekanan darah tinggi.

Ini karena seseorang yang kurang tidur atau yang sering begadang rentan stres dan cenderung akan makan berlebihan, sehingga berat badan pun akan bertambah dan berimbas pada meningkatnya tekanan darah.

Kaitan antara gangguan tidur dan meningkatnya tekanan darah pun telah dibuktikan dalam satu penelitian di tahun 2015 yang menjadikan penderita snore sebagai objeknya. Pada penelitian ini disimpulkan hasil bahwa, penderita sleep apnea ternyata memiliki tingkat tekanan darah yang tinggi akibat kualitas tidur yang buruk. Ya intinya selama tidak ada hal yang terlalu penting untuk dilakukan usahakan jangan tidur terlalu larut. Namun, apabila memang kebiasaan tidur malam itu karena penyakit atau gangguan tidur lainnya, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan atau treatment untuk mengatasinya.

 

  1. Sering-sering Tidur Siang

Tidur siang

Tidur siang bisa menjadi salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat Anda terapkan, karena memiliki banyak sekali manfaat positif untuk kesehatan tubuh.

Selain terbukti dapat menurunkan tekanan darah, tidur siang juga mampu meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood atau suasana hati, dan tentunya mengurangi rasa lelah. Bahkan karyawan-karyawan di negara  sekaliber Jepang pun diberi hak istimewa oleh perusahaannya untuk tidur siang di jam kerja karena dianggap dapat meningkatkan kinerja atau produktivitasnya.

Pembuktiannya pun sudah cukup banyak dilakukan. Salah satunya dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015, yang menemukan hasil bahwa, orang dewasa  yang mengidap tekanan darah tinggi dan membiasakan diri untuk tidur siang setiap harinya ternyata tekanan darah sistoliknya turun rata-rata 5% dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

Jadi ubahlah persepsi yang menyatakan bahwa tidur siang itu identik dengan orang malas. Biasakan untuk tidur di siang hari, terutama bagi Anda yang mengidap tekanan darah tinggi dan rasakan manfaatnya.

Oke kawan kawan, itulah beberapa tips untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. saya harap artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. dan jangan lupa untuk terus kunjungi website ini, bakalan ada artikel menarik lainnya setiap jam 7.30

Baca artikel seputar kesehatan

About Rudi Ferdiansah

saya akan menulis artikel menarik berbagai macam informasi di situs https://kooeelung.com

View all posts by Rudi Ferdiansah →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *